You are here: Home / Bisnis / Telemarketing, Cara Lain Mengenalkan Produk

Telemarketing, Cara Lain Mengenalkan Produk

Telemarketing? Mungkin agak heran yah mendengarnya, kayak asing gituh. Mungkin sebenarnya cara ini sudah lama ada. Hanya bagi kebanyakan kita yang sudah mengenal internet dan suka berbisnis lewat online taunya hanya internet marketing. Yes, semua proses penjualan dan pengenalan produk dan jasa dilakukan via internet atau online. Tapi sebenarnya, mungkin kita pernah menerima telpon dari seseorang yang menawarkan suatu produk, nah, sebenarnya dia sedang melakukan telemarketing.

Gambar Orang Sedang Telemarketing

Nah, kembali pada Telemarketing. Telemarketing yaitu memasarkan atau mensosialisasikan produk atau jasa usaha kita melalui telepon. Untuk sekarang, biasanya cara telemarketing ini dipakai oleh beberapa operator besar untuk menawarkan produknya. Menurut banyak ahli pemasaran, penawaran melalui telemarketing cenderung mudah diterima, karena sifatnya memang secara personal langsung ke konsumen.

Dengan telemarketing, seorang penjual dalam satu hari dimungkinkan mengunjungi 30-35 orang. Waktu yang dibutuhkan untuk memprospek rata-rata 10 menit. Dalam beberapa kasus, telemarketing akan terasa lebih praktis, sebab petugas marketing tidak perlu membuat proposal, berhadapan dengan satpam atau bertemu dengan orang yang sulit ditemui.

Walaupun begitu, kegiatan telemarketing ini akan berdampak efektif jika sasaran market atas produk yang akan kita pasarkan adalah corporate atau personal, yang biasanya berada di kota-kota besar yang aktifitas bisnisnya tinggi, seperti di Jakarta misalnya.

Pengalamanku sendiri menerima telpon dari perusahaan Asuransi yang bekerja sama dengan suatu bank multinasional. Kebetulan Saya menjadi nasabah bank tersebut. Tiba-tiba beberapa bulan kemudian ditelpon dan ditawari asuransi. Menurutku penawaran seperti itu seperti memaksa nasabah. Si penelepon berusaha bertanya agar kita menyetujui dan berkata iya untuk ikut asuransi. Intinya, kalo kita gak fokus dan gak hati-hati, bisa-bisa kita langsung menjadi konsumen dia. Karena, dengan kita berkata “iya, setuju” saja, dia udah bisa mengaktifkan akun kita dan uang di rekening kita akan kena potongan tiap bulan untuk asuransi tersebut.

Terus terang, Saya sendiri kesal kalo ditelpon seperti itu..hahaha…

Sumber gambar: holldon.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Artikel lainnya yang mungkin Anda sukaclose